Sejarah

SMP Negeri 14 terletak di desa Batumarta I dulunya merupakan Areal Proyek Transmigrasi yang dimulai sejak tahun 1976 namun belum ada bangunan SMP pada saat itu hanya dibangun 5  Unit bangunan Sekolah Dasar. Berkenaan dengan hal tersebut  pada tahun 1990 peserta Sarjana Penggerak Pembangunan Desa mempunyai program  SMP dengan tujuan agar siswa tamatan SD di Batumarta I dapat melanjutkan sekolahnya dan menekan angka droup out karena factor ekonomi, transportasi, geografis, dan jarak SMP yang ada saat itu cukup jauh, yaitu di Batumarta II.

SMP yang ada di Desa Batumarta I merupakan SMP Swasta yang di buka tahun 1990 oleh Sarjana Penggerak Pembangunan Desa ( SP.3) yang ditempatkan di Desa Batumarta I Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Adapun  nama-nama anggota SP.3 itu adalah lr. Mas’ud, Dra. Nurlela, Armizan, S.J., Iriansyah, S.H., dan Ida Nursanti, S.E.   Untuk memudahkan pengelolaannya, maka SMP yang dirintis diberi nama SMP Yayasan SP.3  yang bertempat di SD Negeri 2 Batumarta I Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan jumlah siswa tahun pertama 23 orang, dan  dikelola oleh  12 orang tenaga pendidik.

Mengingat masa tugas SP.3 akan berakhir pada tahun 1991, berdasarkan hasil musyawarah antara anggota SP.3 dengan Kepala Desa Batumarta I  (yang pada saat itu dijabat oleh Syariful Ahmad  bersama tokoh masyarakat,  Agama, dan  pemuda untuk diusulkan menjadi SMP Negeri.  Baerkaitan dengan hal tersebut kepala desa menghibahkan 1,5 ha lahan untuk SMP, selanjutnya setelah persyaratan untuk penegrian itu lengkap, dikirim ke Kantor Wilayah Departeman Pendidikan Propinsi Sumatera Selatan yang saat itu dijabat oleh Drs. Sugiarto. Dalam waktu satu bulan  ada  peninjauan lokasi dan langsung disetujui. Pada awal tahun 1991 Surat Keputusan Penegrian SMP YSP.3 keluar sehingga berubah menjadi SMP Negeri 8 Baturaja berikut 1 Unit Bangunan  Gedung Baru.    Pada tahun pelajaran 1991/1992 SMP Negeri 8 Baturaja telah menerima Siswa Baru sebanyak 80 orang siswa  ( 2 rombongan belajar ) dengan kepala sekolahnya Drs. Zulkarnaen Harun dan sementara Kegiatan Belajar Mengajarnya dipindahkan ke SD Negeri 05 Batumarta I hingga bangunan selesai. Setelah bangunan selesai dan diserahterimakan tepatnya pada tangga 05 Februari 1992 langsung Kegiatan Belajar Mengajar dipindahkan ke Gedung Baru.

Pada tahun 1994  terjadi pergantian kepala sekolah yakni Drs. Zulkarnaen Harun digantikan oleh Zainal Arifin. Pada saat itu SMP Negeri 8 Baturaja mulai berkembang, baik siswa,  tenaga edukatif, tenaga administratif maupun bangunan fisiknya, bahkan dibuka SMP Terbuka.

Pada tahun 2003 terjadi lagi pergantian kepala sekolah dari Zainal Arifin digantikan oleh  Dra. Zaliah. Pada tahun 2004 inilah terjadi perubahan Nomenklatur sehingga SMP Negeri 8 Baturaja berubah  namanya  menjadi SMP Negeri 42 Ogan Komering Ulu.  Selain itu, pada tahun 2004 ini terjadi lagi pergantikan kepala sekolah yaitu  Dra. Zaliah digantikan oleh Usman Sohar, B.A.

Pada awal tahun 2005 yang beriringan dengan diberlakukannya  Undang-undang Otonomi Daerah dan terjadinya pemecahan Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu menjadi 3 Kabupaten ( OKU Induk, OKU Timur, dan OKU Selatan), maka nama SMP Negeri 42 Ogan Komering Ulu berubah lagi menjadi SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu.

Pada pertengahan tahun 2006 kepala sekolah yang dijabat oleh Usman Sohar B.A. digantikan oleh Susmadiana, S.Pd hingga tahun 2009. Pengganti berikutnyaadalah Rasuli, S.Pd. hingga tahun hingga tahun 2015. Pada Pertengahan tahun 2015 Kepala Sekolah dijabat  oleh Gogor Hendronoto, S.Pd. MM.M.Si. hingga tahun 2016. Pertengahan tahun 2016  digantikan lagi oleh Drs. Saidi sampai Januari 2020. Selanjutnya, mulai Februari 2020 Kepala Sekolah dijabat  oleh Natun, S.Pd.,M.Si. sampai sekarang.

SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu berlokasi di jalan raya Batumarta I Kecamatan  Lubuk  Raja  Kabupaten  Ogan Komering Ulu Propinsi Sumatera Selatan.  Adapun lokasi (tanah) SMP Negeri 14 Ogan Komering Ulu berbatasan . Sebelah utara berbatasan dengan tanah milik Mustafa Arif,  Sebelah Timur berbatasan dengan tanah jalan padat karya dan milik kavelingan  Sebelah Selatan berbatasan dengan tanah milik Syariful Ahmad (Alm) Sebelah Barat berbatasan dengan tanah milik Syariful Ahmad (Alm).