BELAJAR DARING

ORIENTASI

Belajar Daring, Demi Keselamatan

 

Sesuai instruksi pemerintah, saat pandemi Covid-19 SMP Negeri 14 OKU diwajibkan belajar dengan moda daring. Siswa belajar di rumah dengan dipandu oleh guru melalui media sosial, WA, google classroom, google form, FB, dan you tube.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem meminta para guru untuk tidak memberikan tugas berlebihan kepada siswa maupun mahasiswa selama masa belajar di rumah dalam menghadapi COVID-19. “Kami juga ingin menekankan bahwa walaupun banyak sekolah sekarang melakukan belajar dari rumah, bukan berarti gurunya hanya berikan pekerjaan saja kepada murid, tapi juga ikut berinteraksi dan berkomunikasi membantu muridnya dalam mengerjakan tugas” kata Nadiem usai rapat via teleconference dengan Presiden Jokowi dan menteri terkait di Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Nadiem mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerima keluhan dari berbagai orang hingga mahasiswa karena menerima tugas berat selama belajar di rumah. Ia ingin agar para guru tetap mengajarkan kepada siswa dan mahasiswa selain menjaga keamanan guru lewat belajar di rumah.
“Jadi mohon, siswa-siswa kita walau bekerja dari rumah, bahwa guru itu juga benar-benar mengajar dari rumah dan membantu membimbing siswanya,” kata Nadiem.
Pembelajaran di rumah akan berhasil maksimal apabila siswa dibantu dan diawasi oleh orang tua. Orang tua dapat mendampingi anaknya selama belajar di rumah agar siswa fokus saat menerima materi dan soal daring. Apabila tidak ada pengawasan dari orang tua, dikhawatirkan siswa akan melakukan kegiatan lainnya yang tidak sesuai dengan arahan guru dan sekolah masing-masing.
Kita berharap bahwa pandemi Covid-19 segera berlalu, dan proses pembelajaran bisa kembali normal, belajar di sekolah kembali.

 

Ruang Belajar Online (PJJ), klik di sini  ==>   Kelas 7       Kelas 8       Kelas 9   

Respond For " BELAJAR DARING "

Sorry, comments are closed for this post.